Thursday 3 December 2015

STRATEGI PENELUSURAN E- RESOURCES



Bahan knowledge sharing dengan Pustakawan Perpustakaan Yakpermas, Banyumas   

Pendahuluan
Internet dan koleksi digital menyediakan berbagai macam akses informasi yang dapat ditelusur kapan pun dan dimanapun. Bahkan saat ini berkembang ‘ledakan informasi’ atau dengan bahasa yang lain terjadi ‘information overload’ yang perlu disikapi oleh perpustakaan khususnya perpustakaan perguruan tinggi dengan cara baik dan benar. Information overload dalam prakteknya menyajikan “informasi-informasi sampah” yang tidak tahu siapa yang menciptakan dan untuk apa informasi tersebut disajikan. Perpustakaan sebagai lembaga yang memiliki kapabilitas tetang informasi memiliki peran yang strategis dalam menciptakan alur informasi yang berguna bagi pemustaka perpustakaan. Karakteristik pemustaka perguruan tinggi yang selalu up to date dan membutuhkan informasi-informasi aktual yang terbaru, memerlukan peranan pustakawan yang memiliki keahlian dan ketrampilan dalam menelusur berbagai macam sumber-sumber informasi global yang tersedia diinternet. Layanan informasi yang cepat, tepat dan efisien menjadi tantangan bagi pustakawan di perpustakaan perguruan tinggi dalam memberikan informasi yang berguna bagi pemustaka, oleh karena itu diperlukan strategi penelurusan sumber-sumber informasi digital yang tersedia.
Sumber informasi digital yang tersedia diinternet sebagai contohnya adalah mesin pencari google, database e journal yang dilanggan oleh dikti dan e-resources perpustakaan nasional yang dapat diakses oleh siapapun tanpa dipungut biaya. Sumber-sumber informasi digital tersebut dapat dijadikan referensi dalam menelusur informasi dan menemukan informasi yang bermanfaat bagi pemustaka perpustakaan. Penelusuran informasi merupakan kegiatan menelusur kembali seluruh atau sebagian informasi yang pernah ditulis atau diterbitkan melalui sarana temu kembali informasi yang tersedia. Sedangkan strategi penelusuran adalah penelusuran yang dilakukan secara sistematis (systematic searching) yang meliputi cara-cara bagaimana menggunakan kata kunci (keyword), frase, subjek dokumen, menggunakan logika Boolean serta fasilitas-fasilitas penelusuran lain yang tersedia pada masing-masing search engines. Dengan strategi penelusuran ini diharapkan penelusur (user) dapat menemukan dokumen atau informasi yang diperlukan secara cepat, tepat dan relevan.
Dibawah ini contoh-contoh sumber informasi digital (e-journal) yang dilanggan oleh dikti.
1   1. Masuk di website http://www.akperyakpermas.ac.id
  

        
 
2    2. Klik portal Jurnal

     


3    3.  Klik e journal proquest
    


    
  
       4. Ketik Kata kunci
    


 
 
5      5. Hasil Penelusuran dapat didownload fullteks
    

 
Untuk e-journal yang lain seperti ebsco dan gale prinsipnya sama dengan penelusuran e-journal proquest, begitu juga dengan e-resources yang dilayankan oleh perpustakaan nasional Indonesia. Untuk mengaksesnya harus mendaftar dulu sebagai anggota perpusnas.

E-Resources Perpustakaan Nasional Indonesia
 
Strategi Penelusuran
Banyak tersedia fasilitas pencarian pada search engine, secara umum fasilitas tersebut hampir sama seperti:
·         Logika Boolean (Boolean Logic) And, Or, Not, pada saat menelusur bisa memperluas ataupun memfokuskan dengan menggunakan operator ini.
·         Frasa (phrase search), yaitu penggabungan beberapa kata agar tidak ditelusur secara terpisah oleh mesin pencari.
·         Pemenggalan (truncation), yaitu fasilitas memenggal kata.
·         Pembatasan field, fasilitas ini dipergunakan untuk penelususr yang ingin membatasi format tertentu yang diinginkan misalnya format pdf, ppt, doc, jpg dan lainnya.
·         Langsung ke alamat situs (URL) tertentu yang kita inginkan.
Beberapa contoh pencarian dalam search engine antara lain:
·         “hubungan asam urat”+gorengan
·         “Adnan Buyung” + Golkar site:kompas.com
·         (korupsi or KKN) + “Departemen Agama”filetype:pdf
·         “Keputusan Menteri Agama”+”flu burung”
Penggunaan fasilitas pencarian penelusuran dalam kotak tempat menuliskan kata kunci sebagaimana permintaan informasi (query), sangat tergantung dari masing-masing mesin pencari (search engine). Hampir semua mesin pencari menyediakan fasilitas pencarian yang bertujuan untuk membantu pencari menemukan informasi yang diinginkan secara tepat dan cepat.

Penutup
Berlimpahnya berbagai macam informasi yang tersedia diinternet dapat dimaksimalkan dengan kemampuan menelusur dan strategi penelusuran yang baik dan efektif. Penggunaan dan pemilihan kata kunci yang tepat memudahkan proses pencarian informasi, menemukan informasi yang benar dan kredibel. Strategi penelusuran menggunakan operator Boolean terbukti membantu siapapun dalam proses penelusuran informasi diinternet.

1 comment:

Anonymous said...

cara daftarnya bagaimana gan

Perancangan Digital Riset Perikanan Berbasis Repository Management System

 Pendahuluan Perpustakaan perguruan tinggi saat ini berada pada kondisi tidak pasti yang disebabkan oleh adanya wabah virus corona yan...