Abstrak Call For Paper Semiloka Kepustakawanan Indonesia UPI Bandung 'Library Move On' 2015
Hakikat pendidikan
adalah terjadinya proses transfer ilmu pengetahuan antara guru dan murid yang didukung
oleh kesatuan komponen secara efektif dan berbudaya. Sinergitas komponen
pendidikan menghasilkan peserta didik yang cerdas dan bertanggung jawab.
Perpustakaan berbasis manajemen pengetahuan menjadi kunci bagaimana didalam
masyarakat berpengetahuan terdapat murid net generation berperilaku adaptif
terhadap fenomena yang terjadi dimasyarakat. Dengan internet dan perangkat
teknologi informasi mereka tidak lagi sekedar mengembangkan interaksi dan
komunikasi secara berkelompok yang terbatas, tetapi dengan jejaring online
mereka menjalin hubungan dengan siapa pun untuk akses informasi. Perpustakaan
sekolah berbasis manajemen pengetahuan sebagai model penilaian kualitas layanan
perpustakaan dapat digunakan sebagai sarana untuk memberikan layanan maksimal
kepada net generation. Tantangan yang harus diakomodasi oleh sekolah adalah
bagaimana melayani peserta didik dengan karakteristik budaya digital yang berbeda
dengan generasi sebelumnya. Diperlukan kerjasama antara pustakawan, guru dalam
menciptakan perpustakaan berbasis manajemen pengetahuan sebagai kunci
pembelajaran untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang dapat
dipertanggungjawabkan.
No comments:
Post a Comment