Tuesday 31 May 2011

WEB SERVER LENGKAP LINUX OPENSUSE UNTUK SENAYAN (SLIMS)


WEB SERVER LENGKAP LINUX OPENSUSE
 Implementasi Otomasi Perpustakaan Dengan Senayan (SLIMS)

                Implementasi otomasi perpustakaan dengan menggunakan makanisme web server agaknya tengah menggejala di ranah perpustakaan, oleh karena itu perpustakaan pun mulai berbenah melaksanakan kegiatan otomasi perpustakaan berbasis web server dengan menggunakan komputer server yang melayani beberapa komputer client untuk kegiatan kerumahtanggan perpustakaan dengan menggunakan sistem informasi perpustakaan yang lazim disebut dengan sistem otomasi perpustakaan.
                Banyak pilihan untuk melaksanakan kegiatan otomasi perpustakaan, salah satu alternatif yang elegan dan legal adalah dengan menggunakan otomasi perpustakaan opensource yang terbukti handal dan didukung oleh komunitas online yang bersedia membantu segala permasalahan kapanpun dan dimanapun. Contoh nyata yang sekarang ini telah diaplikasikan oleh perpustakaan skala kecil, menengah dan besar adalah senayan library automation system atau (SLIMS). Namun untuk mengaplikasikan sistem otomasi tersebut pustakawan pun harus mau sedikit belajar tentang operating system yang digunakan untuk menjalankan otomasi senayan.
                Memang senayan memiliki kemampuan luar biasa untuk berjalan diberbagai sistem operasi komputer, windows dan linux tentunya yang sering kita gunakan. Portable senayan (psenayan) untuk yang terbiasa dengan windows, atau dengan xampp dan wamp. Sedangkan untuk linux dengan menggunakan senayan source yang diperuntukkan untuk pustakawan yang senang bermain-main dengan kode program dari senayan itu sendiri, dengan sedikit trik dan perubahan perintah kode program untuk menjalankan senayan dengan server berbasis linux.
                Senayan source sejatinya tidak langsung dapat kita jalankan tanpa adanya perangkat pendukung utama yakni server apache, browser (mozila, internet explorer, atau opera), database mysql dan tool pendukung seperti phpmyadmin, archiver dan tentunya jaringan local dengan tcp ip addres.

Untuk menjalankan senayan di linux maka langkah nya adalah sebagai berikut.
1.       Siapkan komputer dan cd bootable linux opensuse, dan mulailah instal os linux di komputer.
2.       Program yang diperlukan adalah apache2, database mysql, bind, php5, dan archiver.
3.       Install semua program tersebut melalui yast diopensuse anda.
4.       Setelah instalasi selesai masuk terminal console dengan username root, aktifkan apache2, dan database mysql.
5.       Cara mengaktifkannya adalah ketik
 Chkconfig –add apache2
/etc/init.d apache2 start

6.       Cara mengaktifkan adalah ketik untuk mysql
Chkconfig –add mysql
ketik /etc/init.d mysql start dan untuk mengeceknya silahkan ketikan mysql, apabila aktif database mysql telah berjalan.
7.       Untuk mengecek apache server berjalan atau tidak, buka browser mozila dan ketikan dialamat url http://localhost/ dan apabila terdapat kata its works ! berarti server apache telah siap digunakan.
8.       Langkah sejanjutnya adalah copy senayan souce di /srv/www/htdocs buat folder senayan tersebut.
9.       Langkah berikutnya buka console dan masuk ke database mysql untuk merubah hak akses database senayan supaya dikenali oleh server....
                $ mysql –uroot –p
                Mysql> create database senayan;
                Grant all priviledges on senayan.*to senayan_user@localhost identified by         ‘password_seanayanuser’;
                Flush privileges;
                \q    atau quit.


10.   Buka url http://localhost/phpmyadmin copy kan datamysql senayan dengan cara import data mysql atau nama lainnya adalah mysql dump. Apabila oke database siap digunakan.
11.   Buka url http://localhost/senayan/ .....oke dan masuk ke halaman admin.
12.   Proses pembuatan server dengan linux selesai dan its work ! congragulations


--------(Bersambung ke artikel berikut)------

1 comment:

damankom.com said...

siap untuk berakomodasi. terimakasih

Perancangan Digital Riset Perikanan Berbasis Repository Management System

 Pendahuluan Perpustakaan perguruan tinggi saat ini berada pada kondisi tidak pasti yang disebabkan oleh adanya wabah virus corona yan...