PROSES DOWNLOAD, INSTALASI DAN PENGGUNAAN PROGRAM
SENAYAN LIBRARY AUTOMATION SYSTEM
PENDAHULUAN
Senayan library automation system merupakan software open source untuk berbagai macam jenis perpustakaan, baik perpustakaan skala kecil ataupun besar. Program ini bersifat gratis dan dapat dimodifikasi program dasarnya (source code) tanpa melanggar hak cipta serta tidak perlu membayar royalty kepada pengembang program, ini dikarenakan software senayan merupan program open source yang dapat digunakan secara gratis. Meskipun gratis tetapi software tersebut sudah terbukti kehandalannya karena dapat berjalan dengan menggunakan berbagai macam operating system, diantaranya dalam windows dan linux. Dengan kemampuan tersebut senayan layak digunakan untuk bebagai macam keperluan administrasi system manajemen perpustakaan. Perpustakaan dapat menghemat pengadaan sistem adaministrasi perpustakaan dengan adanya senayan libaray automation system.
Dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi informasi, maka perpustakaan sudah sewajarnya mengaplikasikan perangkat teknologi informasi yang berguna untuk meningkatkan efisensi kegiatan administrasi layanan perpustakaan. Kondisi tersebut mengharuskan perpustakaan menggunakan aplikasi program sistem informasi manajemen perpustakaan yang handal dan dapat mendukung semua kegiatan perpustakaan, dari segi layanan kepada pengguna, pengolahan, sistem pelaporan dan adminsitrasi back up data yang baik. Namum demikian banyak perpustakaan yang belum sepenuhnya menggunakan aplikasi sistem informasi perpustakaan tersebut. Kendala yang sering dihadapi adalah harga software sistem informasi tersebut yang terlalu mahal. Tidak sesuai dengan program aplikasi yang sesuai dengan kemauan operator (pustakawan). Tidak sesuai dengan hardware (perangkat keras) yang dimiliki oleh pepustakaan dan sebagainya. Kendala-kendala tersebut yang biasanya muncul dalam proses pelaksanaan sistem informasi tersebut.
Saat ini terdapat fenomena menarik dalam perkembangan software perpustakaan, yakni adanya program open source yang lebih banyak menawarkan pilihan kepada perpustakaan. Apakah perpustakaan akan menggunakan open source yang bersifat gratis, ataukah perpustakaan membeli program yang belum tentu dapat diaplikasikan oleh perpustakaan itu sendiri.
Senayan mencakup berbagai modul untuk kegiatan administrasi manajemen perpustakaan yang terintegrasi serta memiliki tampilan menarik berbasis web design.
Untuk menjalankan senayan terlebih dahulu harus kita sediakan program pendukung yang kita dapatkan secara gratis, program tersebut adalah:
1. Web server apache, program ini untuk menjalankan senayan dikarenakan senayan merupakan program berbasis web server yang tidak dapat berjalan sediri. Harus ada web server apache untuk menjalankannya.
2. Mysql , sebagai program data dan manajemen database program senayan.
3. Browser, sebagai alat untuk menjalankan program web server tersebut. Browser yang lazim digunakan antara lain (internet explorer, mozila firefox, opera, dll). Tergantung kenyamanan dan kegunaan dalam menjalankan program tersebut.
4. Text editor, untuk mengedit source code pada saat mengkonfigurasikan database mysql pada program senayan. Program ini antara lain dreamweaver, notepad ++, textpad dll.
5. Program ekstrak, biasa digunakan win zip ataupun winrar untuk mengekstrak program senayan yang masih terkompresi.
Program-program tersebut pada saat ini telah menjadi satu kesatuan dan tidak perlu menginstall satu persatu. Terdapat program xampp yang nanti diterangkan (disertakan dalam cd program).
POSES DOWNLOAD DAN INSTALASI SENAYAN LIBRARY AUTOMATION SYSTEM DARI INTERNET
Langkah langkah dalam proses pengunduhan (download ) dan instalasi antara lain:
1. Harus masuk terlebih dahulu ke web site senayan yaitu http://senayan.diknas.go.id/web/ (sekarang di alamat url http://slims.web.id/web/) dengan melakukan browsing di internet. Atau dapat menggunakan search engine google dengan mengetikkan kata senayan.
Gambar diatas merupakan tampilan hasil penelusuran “senayan” yang didapatkan, selanjutnya klik senayan open source library management system, untuk masuk ke web site senayan.
2. Kemudian klik download senayan3 steble 9. Langsung ke tahap proses download program senayan.
3. Arahkan penyimpanan file pada drive atau folder yang diinginkan, klik save, tunggu sampai proses download file selesai.
4. Kemudian program senayan tersebut diekstrak dengan menggunakan program winrar untuk mendapatkan file seluruh program senayan. Ini dilakukan karena program senayan yang didownload dari internet merupakan file program yang terkompresi.
5. Program senayan yang telah diekstrak kemudian disatukan dalam satu folder senayan.
6. Proses download dan ekstraksi program senayan telah selesai dan program siap untuk di instal di web server.
INSTALASI WEB SERVER APACHE
Untuk selanjutnya harus menginstal web server yang berguna untuk menjalankan program senayan tersebut. Langkah-langkahnya adalah
1. Klik pada program xampp secara bertahap dengan cara double klik xampp installer
2. Pilih select bahasa, klik English ok.
3. Klik next
4. Klik install
5. Proses instalasi sedang berlangsung
6. Proses instalasi selesai klik finish
7. Setelah klik finish akan keluar ikon install xampp servers (apache, mysql or filezilla ftp) klik yes
8. Tunggu sampai proses installasi selesai, apabila telah selesai maka akan keluar ikon sebagai berikut
9. Apabila telah selesai maka terdapat ikon xampp di pojok kanan bawah sebagai control panel webserver apache, mysql data dan filezilla yang apabila didoble klik kan muncul sebagai informasi untuk menjalankan webserver tersebut
10. Proses intalasi web server apache selesai
INSTALASI SENAYAN KE WEB SERVER APACHE
Untuk menjalankan program senayan, maka setelah selesai menginstal web server apache copy folder senayan ke dalam server apache. Adapun langkah-langkahnya adalah
1. Copy folder senayan yang telah diekstrak kedalam folder htdocs yang terletak pada directory c:\program files\xampp\htdocs. Kemudian klik paste pada folder htdocs. Terliahat pada gambar
2. Kemudian telusur menggunakan browser (internet explorer, mozila atau opera) dengan alamat http://localhost/, selanjutnya keluar menu sebagai berikut
Ini adalah tampilan web server yang telah aktif, apabila web server apache di non aktifkan maka sistem tidak dapat masuk ke site xampp. (bisanya keluar menu error).
3. Kemudian langkah selanjutnya adalah klik menu tools, klik phymyadmin. Atau ketikkan pada address site dengan http://localhost/phpmyadmin/
4. Setelah masuk dalam site phpmyadmin, selanjutnya adalah membuat database senayan dengan cara create new data base, kemudian klik create
5. Setelah masuk maka akan keluar menu sebagai berikut (untuk contoh menuliskan senayanlagi sebagai databasenya)
6. Selanjutnya adalah memasukkan tabel data dalam kesatuan database senayan dengan cara memasukkan query tabel senayan yang terdapat pada folder mysql. Biasanya menyebutnya sebagai mysql dump. Langkahnya adalah klik import pada menu diatas, klik browse program files\xampp\htdocs\senayanlagi\sql\install\senayan klik open. Kemudian kita klik go
7. Apabila berhasil maka table mysql secara otomatis akan tercopy (ter dump mysql nya)
8. Untuk mengisi sample data langkahnya adalah sama persis seperti diatas hanya saja arahkan pada file sql sampe data
9. Selanjutnya kita load pada browser dengan ketik http://localhost/senayanlagi/
10. Apabila ada pernyataan tersebut (error) tidak perlu khawatir, karena database belum dirubah konfigurasinya. Langkahnya adalah buka file sysconfig.inc dengan menggunakan program editor
11. rubahlah konfigurasi database tersebut menjadi
/* DATABASE CONNECTION config */
// database constant
// change below setting according to your database configuration
define('DB_HOST', 'localhost');
define('DB_PORT', '3306');
define('DB_NAME', 'senayandb'); ----senayandb menjadi senayanlagi
define('DB_USERNAME', 'senayanuser'); ----senayanuser menjadi root
define('DB_PASSWORD', 'password_senayanuser');---password di kosongkan saja.
// we prefer to use mysqli extensions if its available
MENJADI
/* DATABASE CONNECTION config */
// database constant
// change below setting according to your database configuration
define('DB_HOST', 'localhost');
define('DB_PORT', '3306');
define('DB_NAME', 'senayanlagi');
define('DB_USERNAME', 'root');
define('DB_PASSWORD', '');
// we prefer to use mysqli extensions if its available
Kemudian tekan save.
12. Coba browse ke site atau refresh maka akan keluar menu senayan automation.
13. Proses instalas program senayan selesai. Program senayan siap digunakan sebagai system informasi manajemen perpustakaan.
14. Untuk masuk ke dalam administrasi senayan Klik Librarian LOGIN, Klik Username: admin, password: admin, lalu klik LOGON.
15. Klik LOGON maka akan menu masuk senayan dengan user (pengguna) sebagai administrator program, artinya sebagai operator yang mengetahui semua kegiatan administrasi system senayan tersebut. Administrator berkedudukan paling tinggi dibandingkan dengan operator-operator system lainnya.
16. Pada menu utama senayan terdapat panel menu-menu antara lain change user profiles, add new bibliography, start transaction, quick return, dan add new member. Sedangkan pada panel bagian atas adalah home, opac, bibliography, circulation, membership, master file, stock take, system, reporting, dan logout. Masing-masing menu memiliki fungsi sendiri sendiri.
- Change user profiles berfungsi untuk mengubah atau mengedit username dan password pada saat kita akan masuk system senayan. Misalkan kita merubah username dari admin menjadi nama kita, dan password admin menjadi tanggal lahir kita.
- Add new bibliography sebagai form input data koleksi pustaka yang kita masukkan ke dalam senayan.
- Start transaction untuk memulai transaksi sirkulasi atau proses peminjaman koleksi pustaka.
- Quick return untuk transaksi pengembalian koleksi pustaka yang telah dipinjam oleh anggota perpustakaan.
- Add new member sebagai form input anggota baru perpustakaan.
- Home untuk kembali ke menu utama system senayan.
- Opac sebagai sarana penelusuran koleksi yang dimilki oleh perpustakaan.
- Bibliography sebagai sarana input data koleksi.
- Circulation sebagai menu sirkulasi, proses peminjaman dan pengembalian koleksi yang dipinjam anggota.
- Membership sebagai menu untuk memasukan data anggota, type keanggotaan dan daftar anggota perpustakaan.
- Master files untuk mendeskipsikan jenis koleksi baik kolasi, penerbit, pengarang dan topik koleksi.
- Stock take berfungsi sebagai menu untuk proses penyiangan koleksi.
- System adalah sebagai jantung dari system senayan library automation. Dalam menu system terdapat system konfigurasi ( pengaturan) program senayan. Antara lain pengaturan barcode, pengaturan warna, pengaturan adminsistaror, pengaturan opac, bacup data, pengaturan tanggal libur dll.
- Reporting adalah sebagai menu statistic senayan. Statistic sirkulasi, statistic koleksi, statistic judul, statistic kegiatan operator.
17. Tampilan OPAC (On Line Public Accses Catalog), sebagai menu untuk penelusuran
18. Menu Bibliography, untuk proses input data koleksi. Terdapat menu antara lain daftar catalog, tambah catalog baru, daftar koleksi, daftar koleksi keluar, pencetakan label, cetak barcode koleksi, import data, eksport data.
19. Menu circulation, untuk proses peminjaman dan pengembalian koleksi. Terdapat menu, mulai transaksi, pengembalian cepat, aturan peminjaman, sejarah peminjaman, keterlambatan, reservasi.
20. Menu membership, untuk kegiatan administrasi keanggotaan perpustakaan. Terdapat menu, lihat daftar anggota, tambah anggota, tipe anggota, kartu anggota, import data, eksport data.
21. Menu master file, merupakan menu untuk mendeskripsikan bentuk fisik koleksi dan tipe koleksi perpustakaan, terdapat menu, GMD (General Materian Designation), penerbit, penyuplai/agen, pengarang, topic, lokasi, tempat, status koleksi, tipe koleksi, bahasa dok.
22. Menu stock take, untuk proses penyiangan koleksi. Apabila ada jenis koleksi yang sedang disiangi (dijilid ulang, diperbaiki), inputkan dalam menu ini, terdapat menu lain antara lain, rekaman, invetarisasi, inventarisasi aktif, laporan inventarisasi, inisialisasi/mulai.
23. Menu system, untuk merubah tampilan, administrasi koleksi, dan untuk mengkonfigurasi program senayan. Terdapat menu, konfigurasi sistem, konten, modul, pengguna aplikasi, kelompok pengguna, hari libur, pembuatan barcode, log sistem, salinan pangkalan data.
24. Menu reporting, untuk statistic laporan adminsitrasi perpustakaan, terdapat menu antara lain statistk koleksi, laporan peminjaman, laporan anggota, class recap (laporan berdasarkan nomor klasifikasi,), titles, item title list, member list, sejaram peminjaman, keterlambatan, staff activity.
25. Menu logout, untuk mengakhiri kegiatan di senayan. Apabila telah selesai melakukan kegiatan di senayan klik logout.